Mulai Hari Ini, SMKN 1 Tombariri Gelar Simulasi UNBK Tahap 1

Sebanyak 95 Calon Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMKN 1 Tombariri mulai mengikuti Simulasi UNBK Tahap 1, Rabu, 06/11/2019.

Menurut Proktor UNBK SMKN 1 Tombariri, Lordy Karel, S.Pd, mengatakan sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Panitia Pusat UNBK Kemendiknas melalui laman https://unbk.kemdiknas.go.id bahwa pelaksanaan Simulasi UNBK Tahap 1 itu akan berlangsung selama 3 hari.

“Hari pertama pertama pelaksanaan adalah hari ini, Rabu, 06/11/2019 dengan mata pelajaran yang disimulasikan Bahasa Inggris, besok Kamis, 07/11/2019 dengan mata pelajaran yang disimulasikan Matematika, serta pada Jumat, 08/11/2019 nanti akan dilanjutkan dengan simulasi ujian yang diikuti oleh Guru Mata Pelajaran yang pelajarannya sudah disimulasikan sebelumnya yaitu Bahasa Inggris dan Matematika.

Lebih lanjut Karel mengatakan, untuk simulasi Guru Mata Pelajaran akan diikuti oleh 5 Orang Guru. ” 2 peserta guru Mata Pelajaran Matematika dan 3 peserta untuk guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris”.

Terbatasnya jumlah Komputer yang digunakan peserta, tandas Karel, menjadi kendala tersendiri dalam pelaksanaan Simulasi UNBK Tahap 1 di SMKN 1 Tombariri. “Komputer klien yang tersedia hanya 17 Unit, sementara dalam 1 sesi simulasi ujian terdapat 32 peserta, jadi kami masih kekurangan sebanyak 17 unit komputer klien yang didalamnya sudah termasuk 2 komputer cadangan”, tambah Karel.

Namun, Karel mengatakan, masalah itu bisa diatasi dengan membagi jumlah peserta per sesi yang ada menjadi 2 kloter. “Dari 32 peserta per sesi itu kami bagi, yang setengah atau 16 orang mengikuti tiap sesi mata pelajaran Bahasa Inggris pada hari pertama, yang sisanya 16 orang berikutnya disertakan pada hari berikutnya pada Mata Pelajaran Matematika,” jelasnya. Pada intinya, ujar Karel, tujuan simulasi UNBK Tahap 1 ini adalah untuk membuat siswa calon peserta UNBK mengenal dan terbiasa dengan proses mendaftar masuk atau login dan keluar atau log out pada laman simulasi ujian. “Untuk isi dari soal simulasi juga tak kalah penting, karena siswa dapat mengenal dan memperoleh gambaran dan kisi-kisi dari soal yang akan diujiakan nanti pada hari pelaksanaannya”, pungkas Karel.

Dilain pihak, Kepala SMKN 1 Tombariri, Dra. Vany M. Motto, menjelaskan bahwa Simulasi UNBK Tahap 1 ini sangatlah penting diikuti oleh para calon peserta agar calon peserta akan terbiasa dengan soal yang akan diujikan nanti.

“Selain itu, tujuannya adalah untuk lebih memantapkan proses pendaftaran masuk dan keluar ke halaman ujian siswa, karena proses itu kadangkala kalau siswa tidak dilatih semenjak awal, akan menjadi masalah dan banyak memakan waktu dari waktu ujian yang disediakan oleh sistem bagi siswa, imbasnya tidak keseluruhan soal mampu dijawab oleh siswa karena kehabisan waktu,” ungkapnya.

Sebagai Kepala Sekolah, beliau juga berharap agar siswa calon peserta UNBK dapat berpartisipasi aktif dengan datang tepat waktu serta mempersiapkan diri dengan belajar sebelumnya agar mampu menjawab soal-soal yang ada.(*)

Editor: eSel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *