SMKN 1 Tombariri Luncurkan Video Tourism Promotion

Dalam rangkaian realisasi program SMK Rujukan Tahun 2019, SMK Negeri 1 Tombariri melaksanakan pembuatan video Tourism Promotion. Hal itu sejalan dengan pengaplikasian program Revolusi Industri 4.0 yang berkaitan dengan pengembangan program pembuatan video promosi untuk menunjang industri pariwisata dalam skala lokal yakni lokasi-lokasi pariwisata termasuk hotel yang dianggap perlu untuk dipromosikan.

Berbekal ilmu yang didapat dari hasil workshop pembuatan video Tourism Promotion yang langsung diberikan oleh Bapak Rudy Triono, salah satu pemateri utama Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan (DIT PSMK), Team R.I 4.0 dengan dikoordinir oleh Agustivo Runtulalo, S.Pd langsung action mengadakan proses produksi pengambilan gambar berlokasi di Tasik Ria Resort and Spa, Mokupa.

Setelah proses produksi dan editing sendiri memakan waktu sekitar 2 minggu akhirnya Video Promotion bertajuk “Pesona Tasik Ria Resort and Spa” itu dapat dirilis ke publik lewat laman youtube SMK Negeri 1 Tombariri pada Jumat 15 November Silam.

“Proses pengambilan gambarnya memang cukup mudah, namun dibutuhkan ketelitian agar kualitas gambar yang nanti ditampilkan mendapatkan hasil bagus,” tandas Agustivo Runtulalo, S.Pd, Pak Guru yang akrab disapa Pak Ivo ini.

Namun, menurutnya, bagian yang agak sulit adalah editingnya. “Ini butuh proses yang agak rumit, karena membutuhkan keahlian khusus menggunakan aplikasi editing video,” imbuh Pak Ivo, pria yang murah senyum ini. Dia juga berharap hasil video Tourism Promotion ini dapat merangsang minat siswa SMK Negeri 1 Tombariri untuk membuat video serupa. “Banyak orang sekarang termotivasi menjadi Youtuber ataupun Content Creator. Kenapa? Karena penghasilan menggiurkan ditawarkan oleh Youtube apabila subscibernya sudah cukup banyak,” Jelasnya. Dan apabila para siswa sudah semenjak dini mulai mengembangkan keterampilan membuat video promosi ini, tambah Pak Ivo, bisa saja membuka pundi penghasilan tambahan dan membuka peluang pekerjaan baru bagi siswa tersebut.

Oleh karena itu, dia mengajak para siswa untuk bisa membuat vlog pribadi dan mempostingnya via youtube channel pribadi pula atau bisa juga dipublikasi lewat website sekolah. “Bagi siswa yang memiliki smartphone tentu sudah bisa mencoba membuat video promosi, sekaligus bisa langsung diedit menggunakan aplikasi video editing seperti kinemaster atau video guru yang mudah didownload lewat Play Store. Mulai saja dulu, kalau tidak sekarang, kapan lagi, nanti juga kami akan membuatkan modul tentang panduan pembuatan Video Promotion dan diajarkan kepada para siswa, ” tandasnya sembari menambahkan supaya para siswa jangan lupa menonton Video Promosi yang diproduksi sekolah sebagai bahan referensi. “Jangan lupa juga subscribe dan share juga ke teman-teman siswa yang lain link videonya di Youtube ya,” Pungkas Agustivo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *